Tugas-Tugas Admin - Operator Raport Digital Madrasah


Raport Digital Madrasah (RDM) adalah merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia melalui KSKK.
RDM ini merupakan penyempurna dari aplikasi rport digital (ARD) yang digunakan sebelumnya.

RDM bisa didownload melalui link : https://rdm.kemenag.go.id/

Menjadi tugas dan tanggungjawab dari seorang admin / proktor madrasah agar penggunaan RDM ini bisa benar-benar berjalan dengan lancar oleh semua guru mata pelajaran dalam menginput nilai raportnya, sehingga pembagian raport siswa dapat bisa berjalan sesuai dengan yang telah ditentukan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dan diinput oleh admin / proktor madrasah terkait dengan penggunaan RDM ini, terlebih dahulu adalah memasang aplikasi RDM. Ini bisa dilakukan dengan memilih salah satu dari tiga versi yang sudah disediakan, yaitu versi VDI, versi Installer/XAMPP, maupun versi Hosting/VPS.

Setelah terpasang dengan benar, maka langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang admin adalah : 

  1. Melakukan Registrasi RDM
  2. Merubah Profil
  3. Mengatur Tahun Ajaran dan Semester
  4. Sincron Mata Pelajaran
  5. Mengatur Kelas
  6. Menambahkan Siswa
  7. Menambahkan Guru
  8. Mengatur Jadwal Mengajar Guru
  9. Mengatur Kegiatan Ekstrakurikuler
  10. Mengatur KKM Madrasah
  11. Mengatur Penanggalan Cetak Raport
  12. Mengecek Nilai yang sudah Diinput oleh Guru
  13. Menambahkan Admin (Waka Kurikulum dan Kepala Madrasah)
  14. Melakukan Backup RDM
Semoga bermanfaat.


Previous Post Next Post