Cheklist Kesiapan Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional tahun 2021



Berdasarkan mekanisme pelaksanaan ANBK sesuai yang sudah dinyatakan dalam Prosedur Operasional Standar (POS) ANBK dan dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Asesmen Nasional tahun 2021, maka semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan perlu dipersiapkan dengan baik, mulai dari tim teknis di madrasah (proktor dan teknisi) hingga pada kesiapan sarana prasarana yang akan digunakan dalam pelaksanaan Asesmen.
Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Propinsi Jawa Tengah baru-baru ini telah merilis edaran pemberitahuan tertanggal 20 September 2021 perihal Kesiapan Teknis Pelaksanaan AN. Pada edaran tersebut juga dilampiri hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan baik yang menggunakan moda Online maupun yang menggunakan Moda Semi Online, mulai dari tahap persiapan (meliputi semua sarana prasarana yang harus dipersiapkan mulai dari koneksi jaringan internet, komputer server dan komputer client, UPS, hingga aplikasi Exambrowser proktor dan Client), Tahap pelaksanaan (meliputi tahap sebelum pelaksanaan, saat pelaksanaan di tiap sesi, dan setelah selesai Asesmen).
Adalah menjadi tanggungjawab seorang teknisi dan proktor di setiap satuan pendidikan mulai dari tingkat jenjang MI, MTs, hingga MA untuk mempersiapkan semuanya. Lantas secara detilnya bagaimana dan apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan ? Untuk lebih rinci dan detilnya di bawah ini adalah hal-hal yang harus dipersiapkan.

A. MODA DARING
I. TAHAP PERSIAPAN
  • Memastikan Instalasi Jaringan
  • Memastikan kondisi koneksi internet dalam keadaan stabil & dedicated untuk pelaksanaan asesmen (bandwith dengan rasio 12 Mbps/15 komputer klien)
  • Memasang UPS Pada Modem/Router/Komputer Proktor
  • Memastikan kondisi koneksi internet berjalan stabil & dedicated selama pelaksanaan asesmen
  • Memasang Proktor Browser Online pada Komputer Proktor
  • Memasang Exambrowser Client pada Komputer Peserta
  • Memastikan Komputer Proktor dan Komputer Client berjalan normal dan harus terbebas dari virus 
II. KEGIATAN HARIAN (Hari Pertama dan Hari Kedua)
1. SEBELUM PELAKSANAAN ASESMEN
  • Memastikan koneksi internet stabil dan memadahi
  • Menjalankan Proktor Browser Online pada Komputer Proktor
  • Memasukkan ID Proktor dan Password
  • Menyalakan Komputer Client, menjalankan Exambrowser, dan memastikan masuk laman login 
  • Mengedarkan Daftar Hadir Peserta (oleh pengawas) dan memintakan tanda tangan peserta setiap sesinya

2. SAAT ASESMEN BERLANGSUNG
  • Mengaktifkan Sesi di menu Status Tes
  • Masuk Menu Kelompok Tes, kemudian pilih Assign All dan klik Save Changes, dan uncheck siswa yang belum hadir
  • Rilis Token
  • Memastikan seluruh peserta yang hadir berhasil login dan melaksanakan Asesmen
  • Memastikan seluruh peserta yang hadir sudah menyelesaikan Asesmen (cek pada komputer proktor)
  • Isi Berita Acara (BA), mencetak dan menandatangani 

3. SETELAH SELESAI ASESMEN
  • Memindai (scan) Daftar Hadir dan Berita Acara (BA), dan mengunggah hasil pindai ke web ANBK  
Tahapan terakhir yang peru diperhatikan oleh proktor dan teknisi adalah memberikan CATATAN PEMASALAHAN / TEMUAN DI LAPANGAN selama pelaksanaan Asesmen berlangsung dari awal hingga selesai.

B. MODA SEMI DARING
I. TAHAP PERSIAPAN
  • Memastikan Instalasi Jaringan
  • Memasang UPS Komputer Proktor
  • Memastikan koneksi internet stabil 
  • Instalasi VHD Fresh ANBK versi 13.0.0.1 dan Proktor Browser Semi Online pada Komputer Proktor
  • Melakukan Pembaharuan/Patching dan Registrasi (Submit) ID Proktor sesuai petunjuk pada Web ANBK 
  • Melakukan Sinkronisasi Data sesuai petunjuk sinkronisasi pada web ANBK
  • Copy VHD Hasil Sinkronisasi
  • Memasang Transfer Respons (TR) 
  • Memasang Exambrowser Proktor Browser pada Komputer Proktor
  • Memasang Exambrowser Client pada Komputer Peserta
  • Memastikan Komputer Proktor dan Komputer Peserta normal dan terbebas dari virus 
II. KEGIATAN HARIAN (Hari Pertama dan Hari Kedua)
1. SEBELUM PELAKSANAAN ASESMEN
  • Pastikan Flashdisk Transfer Respons (TR) masih terpasang dan aktif untuk sharing
  • Menyalakan Komputer Proktor
  • Menjalankan VM lewat Proktor Browser Semi Online
  • Login CBT Sync dan memastikan status AKTIF
  • Menyalakan Komputer Peserta, menjalankan Exambrowser Client, memastikan masuk laman login
  • Mengedarkan Daftar Hadir Peserta (oleh pengawas) setiap sesinya 
2. SAAT ASESMEN BERLANGSUNG
  • Mengaktifkan Sesi di menu Status Tes
  • Masuk Menu Kelompok Tes, kemudian pilih Assign All dan klik Save Changes, dan uncheck siswa yang belum hadir
  • Rilis Token
  • Memastikan seluruh peserta yang hadir berhasil login dan melaksanakan Asesmen
  • Memastikan seluruh peserta yang hadir sudah menyelesaikan Asesmen (cek pada komputer proktor)
  • Upload hasil peserta dan memastikan seluruh hasil jawaban peserta berhasil terupload
  • Cetak Laporan pelaksanaan dan menandatangani
  • Isi Berita Acara (BA), mencetak dan menandatangani
  • Backup data (.source), simpan ke Flashdisk / HDD Eksternal 

3. SETELAH SELESAI ASESMEN
  • Copy VHD hasil Asesmen, dan backup (.source) ke HDD Eksternal
  • ZIP File hasil Transfer Respons (TR) dan memindahkan ke HDD Eksternal
  • Memindai (scan) Daftar Hadir dan Berita Acara (BA), dan mengunggah hasil pindai ke web ANBK
Tahapan terakhir yang peru diperhatikan oleh proktor dan teknisi adalah memberikan CATATAN PEMASALAHAN / TEMUAN DI LAPANGAN selama pelaksanaan Asesmen berlangsung dari awal hingga selesai.

Link Video bisa dilihat pada semtan berikut:

 

Sedangkan untuk surat edaran dan form isian checklist tugas proktor selengkapnya bisa didownload DISINI

Demikian semoga bermanfaat bagi semuanya.

Previous Post Next Post