12_2.B. Bekerja dalam Tim

Bekerja dalam tim dalam rangka untuk mengembangkan dan menguji program harus memiliki kesatuan dan kebersamaan. Pengembangan dan pengujian program harus dalam pembagian tugas yang jelas. Pembagian kerja tim IT secara lengkap adalah sebagai berikut:

1.       Project Manager

Bertugas menentukan arah tim, mengatur pekerjaan / tugas dan berbicara dengan client. Project manager berperan besar menjadi penghubung bagi rekan-rekan timnya dalam hal negoisasi infrastruktur dan timeline pengerjaan proyek. Juga membatasi fitur yang tidak seharusnya dikerjakan dalam timeline yang telah ditentukan. Project manager harus mempunyai pengetahuan yang sama dengan rekan timnya agar bisa mengukur kemampuan temannya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

2.       System Analyst

Bertugas dalam menganalisis keseluruhan sistem dan proses bisnis. Client akan memvalidasi diagram berupa flowchart, DFD, UML, dan ERD sebagai gambaran proses bisnis yang diinginkan oleh client. Tugas system analis termasuk mendokumentasikan analisa kebutuhan networking dan infrastruktur.

3.       UI/UX Designer

Berperan membuat pengguna merasa nyaman dalam menggunakan aplikasi. Pengguna dapat menyelesaikan kebutuhannya saat menggunakan aplikasi.

4.       Technical Writer

Bertugas mendokumentasikan keseluruhan sistem yang dibuat secara jelas. Juga membuat help guide dan software documentation/buku petunjuk penggunaan perangkat lunak untuk diberikan kepada client.

5.       Quality Assurance

Dibutuhkan untuk menguji perangkat lunak atau sistem yang dibangun. Pengujian dilakukan secara manual maupun otomatis dengan berbagai macam test case dan berbagai macam kemungkinan. Kemudian hasil pengujiannya didokumentasikan dengan baik.

6.       Network Engineer

Bertugas dalam memasang instalasi jaringan komputer yang dibutuhkan sistem.

7.       System Engineer

Harus mampu menguasai konfigurasi yang tepat untuk menyediakan infrastruktur untuk aplikasi dan sistem yang diperlukan.

8.       Frontend Designer

Bertugas untuk menerjemahkan apa yang dibuat oleh UI/UX Designer dalam bentuk bahasa pemrograman tertentu yang dipilih.

9.       Web Developer

Bertugas membangun sisi backend dan mengimplementasikan database dan bisnis proses bisnis yang sudah dierikan oleh system analyst. Juga menyempurnakan tampilan web yang sudah dikerjakan oleh frontend designer, web server yang akan digunakan oleh mobile developer atau dekstop application developer ditangani oleh web developer.

10.   Mobile Apps Developer

Bertugas mengerjakan aplikasi untuk iOS ataupun Android dengan sepengetahuan UI/UX designer, system anayst, dan web developer serta wuality assurence.

11.   Dekstop Application Developer

Bertugas untuk menangani aplikasi yang berbasis dekstop. Karena tidak semua aplikasi berbasis mobile atau web. Walaupun paradigma yang berkembang adalah aplikasi dekstop mulai menggunakan web servis selayaknya mobile apps.

Dalam tim pengembang dan pengujian program setidaknya ada project manager, system anayst, quality assurance, dan frontend designer.


Sumber: Buku Informatika untuk SMA/MA Kelas XII, Imas Rahayu dan Dadan Hermawan, Grafindo Media Pratama, Bandung,2019.

Previous Post Next Post