CARA MENDAFTAR PPG DALAM JABATAN TAHUN 2022


Kabar gembira bagi semua Guru madrasah yang telah mengikuti ujian pretest PPG dan dinyatakan lulus passing grade yang ditentukan dihimbau untuk melakukan registrasi pakta integritas dengan cara mengunggah file scan pakta integritas yang telah diunduh dari akun PTK Simpatika kemudian dicetak ditempel materai dan telah ditandatangani melalui akun PTK masing-masing. File pakta integritas dapat diunduh dahulu seperti langkah singkat berikut :

Login menggunakan akun Guru melalui layanan

http://simpatika.kemenag.go.id/ login

Pada laman beranda Guru, pilih menu PPG dalam Jabatan, sistem akan mendeteksi apakah Anda telah mengikuti ujian PPG atau belum (dinyatakan lulus atau tidak lulus). Jika sudah mengikuti Pretest PPG, sistem akan menampilkan informasi seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya, klik tomboh UNGGAH BERKAS.

klik-tombol-unggah-berkas

Pada kotak dialog yang muncul, silakan unduh file Dokumen Pakta Integritas. Klik tombol seperti gambar berikut.

klik-disini

Silakan cetak Dokumen Pakta Integritas tersebut, berikut contoh hasil unduh dokumen pakta integritas.

s34c-1

s324c-2

Pastikan tempel materai dan bubuhi tanda tangan pada kolom yang telah disediakan. Pindai (Scan) dokumen tersebut dan simpan pada lokal komputer Anda untuk nantinya diunggah pada sistem.

Berikut langkah singkat unggah file scan dokumen Pakta Integritas :

Pada laman beranda Guru, pilih menu PPG dalam Jabatan, selanjutnya, klik tomboh UNGGAH BERKAS.

klik-tombol-unggah-berkas

Pada kotak dialog yang muncul, silakan klik tombol Pilih File.

klik-pilih-file

Selanjutnya pilih hasil scan pakta integritas pada lokal komputer Anda. Pastikan file yang diunggah hanya Lembar Surat S34c Tanpa Lampiran, harus bertipe gif, png, jpg dan jpeg berukuran minimal 200KB dan maksimum 1MB.

pilih-file

Jika telah sesuai klik LANJUT.

klik-lanjut

Cek kembali hasil unggah file tersebut, klik Lihat File untuk melihat hasil unggah file scan dokumen Pakta Integritas Anda.

klik-lihat-file

Jika telah sesui, klik SIMPAN atau klik Edit Kembali jika belum sesuai.

klik-simpan

Data file pakta integritas telah tersimpan, silakan tunggu proses verifikasi dari Kanwil setempat.

Berikut contoh tampilan laman fitur PPG Dalam Jabatan yang telah dilakukan persetujuan verifikasi pakta integritas oleh Kanwil.

telah-disetujui

Sedangkan ajuan berkas yang ditolak oleh Kanwil Kemenag, sistem akan memberikan informasi dan alasan penolakan seperti gambar berikut.

tertolak

Jika ajuan Anda ditolak, Anda dapat mengajukan ulang pakta integritas dengan terlebih dahulu memperbaiki data ajuan Anda, selanjutnya klik tombol Unggah Berkas untuk mengunggah kembali berkas yang telah Anda perbaiki.

unggah-ulang-berkas


Lebih detil mengenai langkah-langkahnya bisa langsung diakses melalui link berikut:

http://bantuan.siap-online.com/2018/12/simpatika-registrasi-pakta-integritasi-peserta-ppg-guru-madrasah.html

Demikian tata cara mendaftar PPG dalam jabatan tahun 2022 ini disampaikan semoga bermanfaat dan terima kasih.

Previous Post Next Post